Aplikasi Pupuk Organik Cair Sampah Rumah Tangga terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.)

Kurniawan, Denny (2014) Aplikasi Pupuk Organik Cair Sampah Rumah Tangga terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Aplikasi Pupuk Organik Cair Sampah Rumah Tangga terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.), 1 (3). pp. 1-13.

[img]
Preview
Text
Jurnal Denny Kurniawan okk.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Percobaan tentang aplikasi POC telah dilakukan pada lahan kebun dengan jenis tanah pasir di Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto tanggah dimulai sejak bulan Oktober 2013 sampai Desember 2013, bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi POC sampah rumah tangga yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil kacang panjang. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktor dengan 3 kelompok. Perlakuan yang dicobakan adalah Pupuk Organik Cair sampah rumah tangga yang terdiri dari 5 perlakuan konsentrasi dengan taraf : 0%, 5, 10, 15, dan 20%. Sehingga terdapat 15 petak percobaan. Bahan yang digunakan adalah kacang panjang varietas PARADE TA VI yang ditanam 2 biji/lubang, dengan jarak tanam 30 x 60 cm secara tugal. Pupuk dasar yang diberikan setengah rekomendasi adalah pupuk kandang 180 kg/ha, pupuk urea sebanyak 50 kg/ha setara dengan 18 g/plot, SP36 100 kg/ha setara dengan 21,6 g/plot dan KCl 50 kg/ha setara dengan 10,8 g/plot. SP36 dan KCl diberikan keseluruhan pada awal waktu tanam, sedangkan urea 1/2bagian pada saat tanam dan 1/2 bagian lagi pada waktu tanaman berumur 3 minggu. Setiap pengamatan dirata-ratakan untuk masing-masing plot perlakuan kemudian dianalisis dengan sidik ragam jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji lanjut DMRT pada taraf 5%. Variabel yang diamati adalah : panjang batang utama, panjang daun terpanjang, umur berbunga, umur panen pertama, jumlah bunga, umur panen pertama, panjang polong per tanaman, jumlah polong per tanaman, berat polong segar per tanaman dan total hasil per plot dan per ha. Pupuk organik cair sampah rumah tangga dapat meningkatkan panjang daun terpanjang, jumlah polong segar per tanaman, berat polong segar per tanaman dan total hasil polong per plot dan per ha sebanyak 11.058 kg,setara dengan 30.7 ton per ha. Konsentrasi pupuk organik cair sampah rumah tangga 5% memberikan hasil yang terbaik bagi pertumbuhan dan hasil tanaman kacang panjang per plot. Kata kunci: POC sampah rumah tangga, Kacang panjang

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Depositing User: Ms. Kusmaria Kusmaria
Date Deposited: 16 Feb 2017 08:37
Last Modified: 16 Feb 2017 08:37
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/8

Actions (login required)

View Item View Item