ANALISIS USAHATANI DAN TATANIAGA BERAS ORGANIK DI KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH ANALISIS USAHATANI DAN TATANIAGA BERAS ORGANIK DI KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH ANALISIS USAHATANI DAN TATANIAGA BERAS ORGANIK DI KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Nanda Restuning Sri Ayu Nanda Restuning Sri Ayu Nanda Restuning, NANR (2020) ANALISIS USAHATANI DAN TATANIAGA BERAS ORGANIK DI KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH ANALISIS USAHATANI DAN TATANIAGA BERAS ORGANIK DI KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH ANALISIS USAHATANI DAN TATANIAGA BERAS ORGANIK DI KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN DHARMA WACANA METRO.

[img] Text
NANDA R.SRI AYU.pdf

Download (767kB)

Abstract

Beras merupakan bahan pangan pokok bagi 95 persen penduduk Indonesia, makanan alternatif lainnya belum mampu menggantikan beras. Penggunaan pupuk dan pestisida anorganik yang berlebihan dalam jangka panjang akan membahayakan kesehatan tubuh. Pertanian organik menjadi salah satu alternatif jawaban untuk meminimalkan dampak negatif penggunaan bahan – bahan kimia, salah satu Kecamatan yang menerapkan pertanian organik adalah Kecamatan Punggur dengan cara menanam padi organik. Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian dilaksanakan di Kampung Astomulyo, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah pada bulan Oktober 2019 dengan jumlah responden 13 petani padi organik dan 3 pedagang penyalur. Metode pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh untuk petani dan snowball untuk pedagang penyalur. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk tujuan pertama menggunakan analisis pendapatan dan R/C ratio, untuk tujuan kedua menggunakan margin tataniaga, farmer’s share, B/C ratio, dan tujuan ketiga menggunakan metode perhitungan Hayami. Hasil penelitian didapat bahwa:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Agroteknologi
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 29 Dec 2020 05:02
Last Modified: 29 Dec 2020 05:02
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item