ANALISIS PERSEPSI PETANI TERHADAP KINERJA GAPOKTAN PADA MAKMUR DI KAMPUNG ASTOMULYO KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Muhammad Ali Imron, MAI (2020) ANALISIS PERSEPSI PETANI TERHADAP KINERJA GAPOKTAN PADA MAKMUR DI KAMPUNG ASTOMULYO KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN DHARMA WACANA METRO.

[img] Text
Muhammad Ali Imron.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persepsi merupakan proses dimana individu mengatur dan menginterpretasikan kesan-kesan sensoris mereka guna memberikan arti bagi lingkungan mereka. Kinerja merupakan kemampuan yang dimiliki Gabungan Kelompok Tani dalam melaksanakan kegiatan, tugas dan fungsinya. Dalam hal ini gabungan kelompok tani harus memiliki kegiatan yang dilakukan, fungsi yang harus dilaksanakan yaitu untuk membina petani agar lebih cerdas dan pintar dalam berusahatani. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi petani terhadap kinerja Gapoktan Pada Makmur sekaligus untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut. Penelitian ini dilakukan di Kampung Astomulyo Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui persepsi petani terhadap kinerja Gapoktan, sedangkan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi persepsi petani terhadap kinerja Gapoktan digunakan metode analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin hingga diperoleh sampel sebanyak 43 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi petani terhadap kinerja Gapoktan Pada Makmur termasuk dalam kategori cukup baik. Kemudian hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa faktor umur, luas lahan, lama usahatani tidak mempengaruhi persepsi petani terhadap kinerja Gapoktan. Tetapi faktor tingkat pendidikan mempengaruhi persepsi petani terhadap kinerja Gapoktan, karena semakin tinggi tingkat pendidikan maka akan lebih mudah menerima teknologi baru untuk akses informasi, teknologi baru tersebut dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan penyuluh lapang setempat ataupun penyuluh dari dinas pertanian sehingga informasi yang didapat seputar pertanian lebih banyak didapatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Agroteknologi
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 29 Dec 2020 05:02
Last Modified: 29 Dec 2020 05:02
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item