PENGARUH JUMLAH TANAMAN PER LUBANG TANAM DAN JARAKTANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SIOMAK (Lactuca sativa L.) PADA METODE HIDROPONIK SISTEM DFT (Deep Flow Technique)

Gintara Yoga Pratama, GYP (2020) PENGARUH JUMLAH TANAMAN PER LUBANG TANAM DAN JARAKTANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SIOMAK (Lactuca sativa L.) PADA METODE HIDROPONIK SISTEM DFT (Deep Flow Technique). Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN DHARMA WACANA METRO.

[img] Text
GINTARA YOGA PRATAMA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Selada (Lactuca sativa L.) pada umumnya dikenal baik dan digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang renyah dan dimakan dalam keadaan segar. Selada merupakan sayuran yang mempuyai nilai komersial dan prospek yang cukup baik. Selada secara umum kaya akan antioksidan seperti betakarotin, folat dan lutein serta mengandung indol yang berkhasiat melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan serat alaminya dapat menjaga kesehatan organ-organ pencernaan. Keragaman zat kimia yang dikandungnya menjadikan selada tanaman multi khasiat. Salah satu alternatif agar produksi selada dapat mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia tanpa terhalang oleh lahan pertanian yang semakin sempit adalah budidaya menggunakan sistem hidroponik. Hidroponik merupakan sistem penanaman menggunakan air atau menanam tanpa menggunakan media tanah untuk tumbuh tanaman. Agar tercapai budidaya yang maksimal jarak tanam dan jumlah tanaman per lubang yang efektif adalah hal yang harus diperhatikan. Jarak tanam yang terlalu rapat mengakibatkan persaingan unsur hara. Persaingan unsur hara juga dapat terjadi akibat terbendungnya aliran akibat pertumbuhan akar yang terlalu lebat di dalam talang bila jarak tanam terlalu dekat. Selain jarak tanam upaya peningkatan produksi tanaman yaitu dengan menambah populasi. Salah satu cara untuk meningkatkan populasi tanam adalah dengan meningkatkan jumlah tanaman per lubang tanam. Sehingga diperoleh pada luasan yang tepat dapat ditanam tanaman dalam jumlah yang lebih banyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman siomak pada metode hidroponik sistem DFT, (2) Pengaruh jumlah tanaman per lubang tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman siomak pada metode hidroponik sistem DFT,(3) Interaksi antara jarak tanam dan jumlah tanaman per lubang tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman siomak pada metode hidroponik sistem DFT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Agroteknologi
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 29 Dec 2020 05:02
Last Modified: 29 Dec 2020 05:02
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item