STRATEGI PEMASARAN SAYURAN PAKCOY SEHAT (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Bina Pertani di Kampung Liman Benawi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah)

Ganda Surya Nugraha Aji, GSNA (2020) STRATEGI PEMASARAN SAYURAN PAKCOY SEHAT (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Bina Pertani di Kampung Liman Benawi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah). Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN DHARMA WACANA METRO.

[img] Text
GANDA SURYA NUGRAHA AJI.pdf

Download (856kB)

Abstract

Produk pertanian yang berkualitas namun juga aman bagi kesehatan dan lingkungan, salah satunya produk hortikultura yang selalu dibutuhkan kehidupan sehari-hari. Prospek usaha sayuran organik sebenarnya untuk selama 10 tahun ke depan, sangat prospektif karena semakin tingkat kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi produk pertanian terutama sayuran yang bebas bahan-bahan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Sayuran Pakcoy Sehat (Studi Kasus kelompok Wanita Tani Bina Pertani Di Kampung Liman Benawi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah). Adapun permasalahan yang akan dianalisis adalah sebagai berikut : Bagaimanakah strategi pemasaran sayuran pakcoy sehat Kelompok Wanita Tani Bina Pertani Di Kampung Lima Benawi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel diambil dengan cara non probability sampling yakni dengan sampling jenuh (sensus) dengan jumlah populasi 45 orang petani sayuran pakcoy, kemudian diambil jumlah sampel sebanyak 27 responden yang terdiri dari 24 orang petani pakcoy sehat, yang didalamnya terdapat ( 2 (dua) petani yang merangkap sebagai praktisi seperti ketua wanita tani pakcoy sehat, dan agen pemasaran) dan 3 praktisi bertugas sebagai petugas penyuluh lapangan, pejabat Dinas Pertanian Hortikultura Lampung Tengah serta konsumen. Dan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada matrik SWOT diperoleh koordinat yaitu strategi Strenght-Opporturnities (SO) yang mana koordinat ini masuk pada kuadran I, strategi yang digunakan yaitu, 1) Stok barang dengan kualitas baik harus tersedia secara rutin sesuai dengan siklus pemasaran, 2) Tingkatkan pengembangan pasar bila memungkinkan melalui media elektronik (online) dilakukan juga, 3) Pelayanan terhadap konsumen dan mitra agar ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Agroteknologi
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 29 Dec 2020 05:02
Last Modified: 29 Dec 2020 05:02
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item