PENGARUH BERBAGAI DOSIS PUPUK KANDANG DAN KONSENTRASI EFFECTIVE MICROORGANISME 4 TERHADAP PERTUMBUHAN Dan HASIL BAYAM MERAH (Alternanthera amoena Voss)

FITRIANA SETYA NINGSIH, FSN (2020) PENGARUH BERBAGAI DOSIS PUPUK KANDANG DAN KONSENTRASI EFFECTIVE MICROORGANISME 4 TERHADAP PERTUMBUHAN Dan HASIL BAYAM MERAH (Alternanthera amoena Voss). Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN DHARMA WACANA METRO.

[img] Text
FITRIANA S.pdf

Download (567kB)

Abstract

Bayam merah merupakan jenis sayuran yang paling diminati setelah bayam hijau. Keunggulan nilai nutrisi bayam merah dibandingkan dengan sayuran daun lainnya, membuat permintaan akan bayam merah semakin meningkat sehingga perlu dilakukan peningkatan produksi. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas bayam merah salah satunya dengan pemupukan. Peningkatan produksi tanaman yang berkualitas dapat menggunakan pupuk kandang kambing dan em4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Semakin meningkatnya dosis pupuk kandang maka semakin meningkat pertumbuhan dan hasil tanaman bayam merah (Alternanthera amoena Voss). 2) Konsentrasi Effective Microorganisme 4 yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bayam merah (Alternanthera amoena Voss). 3) interaksi antara dosis pupuk kandang kambing dan dosis EM4 terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bayam merah (Alternanthera amoena Voss). Penelitian dilaksanakan di kebun Percobaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Dharma Wacana Metro, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro, dengan jenis tanah Podzolik Merah kuning dan ketinggian tempat 60 m dpl. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2019. Penelitian ini menggunakan Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang perlakuannya disusun secara Faktorial dengan tiga ulangan. Faktor pertama dosis pupuk kandang kambing terdiri dari 3 taraf yaitu: 10 ton /ha (p 1 ), 20 ton/ha (p ) dan 30 ton/ha (p ). Faktor kedua adalah dosis effective microorganisme 4 yaitu: 100 liter/ha (n 3 1 ), 150 liter/ha (n 2 ) dan 200 liter/ha (n 3 2 ). Sehingga terdapat 9

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Agroteknologi
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 29 Dec 2020 05:01
Last Modified: 29 Dec 2020 05:01
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item