ANALISIS SIKAP, KEPUASAN DAN LOYALITAS PETANI TERHADAP BENIH PADI CIHERANG (Studi Kasus di Desa Banarjoyo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur)

Adik Setiawati, 15210010 (2020) ANALISIS SIKAP, KEPUASAN DAN LOYALITAS PETANI TERHADAP BENIH PADI CIHERANG (Studi Kasus di Desa Banarjoyo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur). Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN DHARMA WACANA METRO.

[img] Text
Skripsi Full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan produktivitas padi, diantaranya adalah Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN). Salah satu desa yang menjalankan Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN) adalah Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalis sikap petani terhadap penggunaan benih padi Ciherang di Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari. (2) Menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap penggunaan benih padi Ciherang di Desa Banrjoyo Kecamatan Batanghari. (3) Menganalisis tingkat loyalitas petani terhadap penggunaan benih padi Ciherang di Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Multiatribut Fishbein untuk menganalisis sikap petani terhadap benih padi Ciherang, Consumers Satisfaction Index (CSI) untuk menganalisis kepuasan petani dan Analisis Piramida Loyalitas untuk menganalisis loyalitas petani. Lokasi dilaksanakan di Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2018. Sampel yang digunakan sebanyak 41 responden. Hasil perhitungan analisis sikap petani terhadap benih padi ciherang menggunakan Multiatribut Fishbein menyatakan bahwa benih padi ciherang memiliki skor total (159,72) yang berarti benih padi tersebut dapat memenuhi harapan dan kebutuhan petani. Berdasarkan hasil menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap benih padi ciherang di Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari tergolong puas. Hasil perhitungan analisis tingkat loyalitas petani terhadap benih padi ciherang dengan piramida loyalitas menyatakan bahwa konsumen tipe Switcher Buyer yaitu terdapat 15 orang atau (36,59%), diikuti pada tipe Habitual Buyer yaitu terdapat 11 orang atau (26,83%), tipe Satisfied Buyer 0 orang atau 0%, tipe Liking The Brand terdapat 8 orang atau (19,51%) dan tipe Committed Buyer terdapat 7 orang atau (17,07%). Keyword : Sikap, Kepuasan, Loyalitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Agroteknologi
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:32
Last Modified: 18 Dec 2020 14:32
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item