PENGGUNAAN BERBAGAI MEDIA TANAM DAN PENAMBAHAN PUPUK ORGANIK CAIR KE DALAM LARUTAN NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG (Ipomoea reptans) HIDROPONIK

Redha Muamar Alfat, R PENGGUNAAN BERBAGAI MEDIA TANAM DAN PENAMBAHAN PUPUK ORGANIK CAIR KE DALAM LARUTAN NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG (Ipomoea reptans) HIDROPONIK. SKRIPSI.

[img] Text
COVER, BAB I, BAB 2 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)

Abstract

Pupuk berbahan sintesis yang bila dikonsumsi terus-menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan. POC merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara pada tanaman yang lebih aman dan sehat. Selain pupuk, media merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) media tanam hidroponik yang memberikan pertumbuhan dan hasil kangkung yang terbaik, (2) pengaruh penambahan pupuk organik cair ke dalam larutan nutrisi AB mix terhadap pertumbuhan dan hasil kangkung, (3) interaksi antara media tanam dan penambahan pupuk organik cair pada larutan nutrisi terhadap pertumbuhan kangkung Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Purworejo Kecamatan Padangratu Kabupaten Lampung Tengah, pada bulan Desember 2018. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan petak terbagi (split plot) dengan 3 ulangan. Perlakuan terdiri atas petak utama yaitu penambahan pupuk organik cair pada larutan nutrisi AB mix (P) terdiri atas AB mix satu dosis anjuran tanpa penambahan POC (po), AB mix 0,75 dosis anjuran + POC 0,5 dosis anjuran (p1), AB mix 0,5 dosis anjuran + POC satu dosis anjuran (p2), dan POC satu dosis anjuran (p3), dan sebagai anak petak yaitu Media (M) terdiri atas tanpa media (m0), busa (m2), dan cocofiber (m3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) media cocofiber menghasilkan berat segar terbaik dibandingkan busa dan tanpa media, (2) AB mix satu dosis anjuran tanpa penambahan POC menghasilkan rasio pucuk akar tertinggi dibandingkan dibandingkan perlakuan nutrisi yang lain, (3) Tidak terjadi interaksi antara penggunaan berbagai media tanam dan penambahan POC ke dalam larutan nutrisi kecuali pada variabel rasio pucuk akar, kombinasi terbaik terdapat pada perlakuan AB mix 1 dosis standar dan tanpa media.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:40
Last Modified: 18 Dec 2020 14:40
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item View Item