ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI SAYURAN PAKCOY DI KAMPUNG LIMAN BENAWI KECAMATAN TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Theo Hardiansyah, TH ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI SAYURAN PAKCOY DI KAMPUNG LIMAN BENAWI KECAMATAN TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. SKRIPSI.

[img] Text
Theo Hardiansyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pendapatan usahtani pakcoy sehat (organik) dan pakcoy anorganik di daerah penelitian. Penelitian menggunakan metode secara sensus atau diambil semua karena populasi responden pakcoy sehat (organik) maupun pakcoy anorganik kurang dari 30. Untuk menjawab tujuan tersebut menggunakan analisis pendapatan dan menggunakan analisis independent sample t-test. Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Liman Benawi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Data primer didapatkan langsung dari petani dengan teknik kesioner, sedangkan data sekunder didapatkan dari Dinas yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan ushatani pakcoy sehat (organik) sebesar Rp.82.351,76/usahatani dengan rasio 1,60sedangkan rata-rata pendapatan uasahatani pakcoy anorgani sebesar Rp.23.569,90/usahatani dengan rasio 1,24. Rata-rata pendapatan usahatani pakcoy sehat sebesar Rp.82.351,76 lebih besar dari rata-rata pendapatan usahatani pakcoy anorganik sebesar Rp.23.569,90. Maka dapat disimpukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pendapatan pakcoy sehat (organik) dengan pakcoy anorganik. Saran yang dapat di berikan oleh peneliti pemerintah memberikan penyuluhan ke petani untuk meningkatkan usahatani pakcoy sehat. karena dari segi kesehatan, rasa, harga jual pakcoy sehat lebih tinggi di bandingkan pakcoy anorganik, namun dalam segi produksi masih rendah di bandingkan pakcoy anorganik.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:33
Last Modified: 18 Dec 2020 14:33
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item