FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI USAHA LAHAN SAWAH PADI MENJADI USAHA TANAMAN SAYURAN DI KELOMPOK TANI SUBUR I KELURAHAN KARANGREJO KECAMATAN METRO UTARA

SRINGATIN, S FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI USAHA LAHAN SAWAH PADI MENJADI USAHA TANAMAN SAYURAN DI KELOMPOK TANI SUBUR I KELURAHAN KARANGREJO KECAMATAN METRO UTARA. SKRIPSI.

[img] Text
SRINGATIN 11210027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ketidakseimbangan pertumbuhan permintaan dan pertumbuhan kapasitas produksi nasional mengakibatkan adanya kecenderungan meningkatkan persediaan sayuran nasional yang berasal dari impor. Pengalih fungsian usaha lahan sawahnya dari tanaman padi ketanaman sayuran yang memiliki tingkat ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan usaha tanaman sayuran/padi sawah yang hasilnya atau pemanenannya hanya dalam waktu musiman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal pendorong, eksternal pendorong, internal penghambat dan eksternal penghambat alih fungsi usaha lahan sawah padi ketanaman sayuran di Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara Kota Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 25 petani diambil dengan metode sensus. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis factor regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai dengan Desember 2015. Hasil penelitian menujukkan bahwa seluruh faktor pendorong dan penghambat baik yang bersifat internal maupun eksternal berpengaruh signifikan terhadap konversi lahan di Kelompok Tani Subur 1 Kelurahan Karangrejo Kecamatan Metro Utara dengan kontribusi sebesar 63,2 persen sedangkan sisanya 37,8 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Secara parsial dapat diketahui bahwa hanya faktor pendorong eksternal berpengaruh nyata terhadap konversi lahan di Karangrejo. Jadi, Kecamatan Metro Utara sedangkan faktor penghambat internal dan eksternal tidak berpengaruh terhadap konversi lahan. Faktor pendorong yang berpengaruh terhadap konversi lahan adalah mutu tanah dan ketersediaan air.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:34
Last Modified: 18 Dec 2020 14:34
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item