HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK ISTRI PETANI DAN PENDAPATAN RUMAH TANGGADI DESA LIMAN BENAWI KECAMATAN TRIMURJO LAMPUNG TENGAH

DINDA ELVIRA MEILANDA, DEM HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK ISTRI PETANI DAN PENDAPATAN RUMAH TANGGADI DESA LIMAN BENAWI KECAMATAN TRIMURJO LAMPUNG TENGAH. SKRIPSI.

[img] Text
SKRIPSI DINDA ELVIRA M, S.P..pdf

Download (872kB)

Abstract

Keluarga petani di Indonesia masih identik pada keluarga prasejahtera. Hal ini bisa dilihat dari kondisi petani di Indonesia yang masih kekurangan dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Apalagi pekerjaan petani merupakan pekerjaan yang bergantung pada musim sehingga petani tidak bisa sewaktu-waktu untuk bertani. Dengan kondisi tersebut, seorang istri merasa perlu untuk ikut membantu dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga petani. Untuk bekerja tentunya istri petani memiliki karakteristik tersendiri untuk melakukannya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pendapatan rumah tangga petani di Desa Liman Benawi, (2) Karakteristik istri petani di Desa Liman Benawi, dan (3) Hubungan karakteristik istri petani dan pendapatan rumah tangga di Desa Liman Benawi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, dilaksanakan di Desa Liman Benawi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2018. Dengan sampel berjumlah 40 istri petani. Analisis yang digunakan adalah statistik non parametrik analisis Korelasi Pearson. Hasil penelitian diperoleh bahwa karakteristik istri petani : jenis pekerjaan dan curah waktu kerja terdapat hubungan yang signifikan atau berpengaruh positif dengan pendapatan rumah tangga. Sedangkan untuk variabel : umur, pendidikan, dan jumlah tanggungan keluarga tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan pendapatan rumah tangga di Desa Liman Benawi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:34
Last Modified: 18 Dec 2020 14:34
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item