STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIAS AGLAONEMA (Aglaonema Commutatum) DI DESA SIDODADI KECAMATAN PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

ARIF ROHMADIR, AR STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIAS AGLAONEMA (Aglaonema Commutatum) DI DESA SIDODADI KECAMATAN PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. SKRIPSI.

[img] Text
ARIF ROHMADIR.pdf

Download (922kB)

Abstract

Tanaman hias adalah gabungan dari berbagai jenis tanaman hortikultura yang bagian atau keseluruhannya dapat dimanfaatkan untuk menciptakan keindahan, keasrian dan kenyamanan didalam ruang tertutup atau terbuka. Aglaonema termasuk tanaman hias daun, yaitu tanaman hias dengan daya tarik utama terletak pada keindahan daun-daunnya. Bentuk daun Aglaonema sebetulnya sederhana, tidak berlenggok-lenggok, atau menjari yang membuatnya tampil unik. Yang membuatnya menarik adalah warna dan motifnya yang dekoratif (Subono dan Andoko, 2005). Tujuan penelitian ini adalah : menganalisis strategi pemasaran tanaman hias Aglaonema yang ada di Desa Sidodadi Kecamatan Pekalongan. Metode analisis yang di gunakan adalah analisi SWOT. Responden di pilih secara sengaja (purposive) yaitu di Desa Sidodadi Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur dengan jumlah sampel 20 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis pada matriks SWOT rekomendasi yang harus di berikan adalah strategi “Agresif”. Alternatif strategi yang dapat di terapkan yaitu memanfaatkan adanya asosiasi tanaman hias di harapkan petani mendapatkan bekal ilmu yang mumpuni dalam budidaya maupun pemasaran tanaman hias melalui penyuluhan oleh dinas pertanian, meningkatkan kegiatan promosi sehingga dapat meningkatkan permintaan pasar, memberikan petani pembekalan ilmu tentang hama dan penyakit sehingga ancaman hama dan penyakit bisa tertanggulangi dan meningkatkan teknis penanaman untuk menghadapi kemungkinan terjadinya iklim yang tidak menentu, sehingga memungkinkan terjadinya pertumbuhan hama dan penyakit.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:34
Last Modified: 18 Dec 2020 14:34
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item