PENGARUH PEMBERIAN JENIS PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG (Zea mays L.)

SENO PRAYOGI, SP PENGARUH PEMBERIAN JENIS PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG (Zea mays L.). SKRIPSI.

[img] Text
SENO PRAYOGI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jagung (Zea mays L.) merupakan tanaman pangan terpenting setelah padi dan gandum. Permintaan jagung terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk per tahun. Kemajuan di bidang industri pengolahan makanan, dan meningkatnya kebutuhan bahan baku pakan ternak khususnya unggas yang berasal dari jagung juga berkontribusi pada meningkatnya konsumsi jagung nasional, upaya meningkatkan hasil salah satunya melalui pemberian pupuk organik cair. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Jenis pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil jagung. (2) Konsentrasi pupuk organik cair terhadap tanaman jagung. Penelitian ini dilakukan di kebun percobaan (KP) Taman Bogo Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur. Jenis tanah masam ultisol dengan ketinggian tempat 30 m dpl, pada 50◦ LS dan 150◦ BT. Penelitian menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang terdiri dari 4 ulangan. Sebagai perlakuan adalah dosis Pupuk cair (P) yang terdiri dari 7 taraf yaitu : Tanpa pupuk cair 0 ml/l air (p0), konsentrasi 2 ml/l air (p1), konsentrasi 2 ml/l air (p2), konsentrasi 2 ml/l air (p3), konsentrasi 4 ml/l air (p4), konsentrasi 4 ml/l air (p5), konsentrasi 4 ml/l air (p6). Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pemberian berbagai jenis pupuk organik cair dengan konsentrasi yang berbeda menghasilkan pertumbuhan dan hasil jagung yang tidak berbeda.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:35
Last Modified: 18 Dec 2020 14:35
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item