HUBUNGAN TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA DAM RAMAN DI DESA PURWOASRI KECAMATAN METRO UTARA

RANNY CINTYA FRANSISKA, RCF HUBUNGAN TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN OBJEK WISATA DAM RAMAN DI DESA PURWOASRI KECAMATAN METRO UTARA. SKRIPSI.

[img] Text
RANNY CINTYA FRANSISKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wisata merupakan sumber daya alam yang tidak akan pernah habis. Oleh karena itu sektor pariwisata yang harus dirawat dan dijaga keberadaannya dan sektor pariwisata juga merupakan salah satu pendapatan bagi masyarakat yang hidup di sekitarnya. Potensi pariwisata di Indonesia sangat besar, keanekaragaman budaya dan keindahan alamnya sangat berpotensi untuk dikembangkan. Salah satu wisata yang menarik berada di Desa Purwoasri Kecamatan Metro Utara dengan nama objek wisata Dam Raman. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata Dam Raman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, yang dilaksanakan di Desa Purwoasri Kecamatan Metro Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November- Desember 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sensus dengan jumlah sampel adalah 24 pengelola. Analisis yang digunakan adalah analisis Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa tingkat pasrtisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata Dam Raman di Desa Purwoasri Kecamatan Metro Utara di dapat skor rata-rata 12,5 termasuk dalam klasifikasi rendah. Sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata Dam Raman semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kerjasama antara pihak pengelola dengan masyarakat dan kurang nya pengetahuan masyarakat terhadap pengeloaan wisata.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:36
Last Modified: 18 Dec 2020 14:36
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item