PENGARUH DOSIS PUPUK KASCING DAN PEMANGKASAN TUNAS LATERAL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.)

Fenny Dwi Jayanti, FDJ PENGARUH DOSIS PUPUK KASCING DAN PEMANGKASAN TUNAS LATERAL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.). SKRIPSI.

[img] Text
Fenny Dwi Jayanti.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mentimun (Cucumis sativus L.) berasal dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Rendahnya produktivitas tanaman mentimun di Indonesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya faktor iklim, teknik bercocok tanam seperti varietas, pengolahan tanah, pemupukan, pengairan, serta adanya serangan hama dan penyakit. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatankan produktivitas tanaman mentimun yaitu dengan tindakan pemupukan, yang bertujuan untuk menambahkan unsur-unsur hara makro maupun mikro yang diperlukan bagi tanaman untuk dapat tumbuh dan produksi tinggi serta dengan melakukan tindakan mekanis dengan cara pemangkasan cabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh dosis pupuk kascing terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun, (2) Pengaruh pemangkasan tunas lateral terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun, (3) Interaksi antara pemberian dosis pupuk kascing dan pemangkasai tunas lateral terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2018 - Maret 2018 di Kebun Percobaan STIPER Dharma Wacana Metro, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan Kota Metro, dengan jenis tanah Podzolik merah kuning (PMK). Penelitian ini disusun secara faktorial dalam Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL). Faktor pertama adalah dosis pupuk kascing (K) terdiri atas 3 taraf perlakuan yaitu: 10 ton ha-1 (k1), 20 ton ha-1 (k2), dan 30 ton ha-1 (k3). Faktor kedua adalah pemangkasan (P) terdiri atas 3 taraf perlakuan yaitu: tanpa pemangkasan (p0), pemangkasan 2 cabang (p1), pemangkasan 3 cabang (p2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peningkatan dosis pupuk kascing sampai dengan 30 ton ha-1 meningkatkan panjang buah, bobot buah tanaman mentimun, (2) Pemangkasan cabang lateral tidak menghasilkan perbedaan yang nyata terhadap peubah pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun kecuali pada panjang tanaman dan panjang buah, (3) Interaksi terbaik terdapat pada dosis pupuk kascing 30 ton ha-1 dan pemangkasan 3 cabang

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:36
Last Modified: 18 Dec 2020 14:36
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item