PENGARUH JARAK TANAM DAN UMUR BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sative L.) PADA METODE HIDROPONIK SISTEM DFT (Deep Flow Technique)

FENDA MAHENDRA, FM PENGARUH JARAK TANAM DAN UMUR BIBIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sative L.) PADA METODE HIDROPONIK SISTEM DFT (Deep Flow Technique). SKRIPSI.

[img] Text
15110034 FENDA MAHENDRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tanaman Selada (Latuca sativa L.) merupakan salah satu sayuran yang mempunyai prospek pasar yang cukup menjanjikan. Hidroponik memiliki berbagai sistem dan sistem yang banyak digunakan yaitu sistem DFT (Deep Flow Technique). Variasi jarak tanam merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas tanaman. faktor lain adalah pindah tanam, Pindah tanam lebih dini akan mempercepat adaptasi tanaman terhadap lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada pada metode hidroponik sistem DFT, (2) Pengaruh umur bibit terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada pada metode hidroponik sistem DFT, (3) Interakasi antara jarak tanam dan umur bibit terhadap tanaman selada pada metode hidroponik sistem DFT. Penelitian dilaksanakan di Rumah Kaca Stiper Dharma wacana Metro pada bulan Maret – April 2019. Penelitian disusun secara Faktorial menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL), dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah jarak tanam (J) yang terdiri atas tiga taraf yaitu : j1 = 10 cm, j2 = 15 cm, j3 = 20 cm. Faktor kedua adalah umur bibit (U) terdiri atas tiga taraf : u1 = 16 hss, u2 = 21 hss, dan u3 = 26 hss. Data hasil penelitian diuji homogenitasnya dengan uji Bartlett dan ketidakaditifan data diuji Tuckey kemudian dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT), semua pengujian dilakukan pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Jarak tanam tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada pada hidroponik sistem DFT. (2) Umur bibit 26 hss menghasilkan hasil yang lebih tinggi pada peubah tinggi tanaman, jumlah daun, bobot basah tajuk dan rasio pucuk akar dibandingkan dengan penggunaan umur bibit 16 hss dan 21 hss tanaman selada pada hidroponik sistem DFT. (3) Tidak terjadi interaksi antara jarak tanam dan umur bibit terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada pada semua peubah yang diamati kecuali jumlah daun.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Agroteknologi
Depositing User: Dr. Zulkarnain MEP
Date Deposited: 18 Dec 2020 14:38
Last Modified: 18 Dec 2020 14:38
URI: http://eprints.stiperdharmawacana.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item